Rabu, April 09, 2008

Membuat Antenna Wifone

Dirumah, kami memiliki satu pesawat telephone dari Wifone Esia. Signalnya sangat lemah di ruang tamu rumah saya di daerah Bintaro Jaya Sektor IX (Taman Permata 2). Satu atau dua bar, dan bahkan kadang2x menghilang sehingga tidak bisa dihubungi dari luar.

Untuk mengatasi ini, kami (saya dan papa saya) membuat antenna dalam yg fungsinya untuk memperkuat signal baik saat terima, maupun saat kirim. Kami membuat suatu disain. Saya ikut membantu papa untuk mengukur dan memotong kertas dan alumunium foil (minta ama mama sedikit). Untuk ukuran lebar antenna, kami gunakan panjang antenna yg ada - yang di anggap sudah memiliki kalibrasi terhadap panjang gelombang. Artinya kita nggak perlu tahu panjang gelombang atau frekuensi yang digunakan Wifone Esia. Untuk ukuran panjang, kami gunakan seperempat lingkaran dengan diameter 1/4 panjang antenna.
Dengan memposisikan pada beberapa arah - saya berusaha mendapatkan signal terkuat, dan hasilnya ... alhamdulillah bisa naik menjadi 4 sampai 5 bar dan koneksi sangat bersih. Berikut gambar-gambar peralatan yang dibutuhkan, bentuk jadi, dan hasil strength signal yang didapatkan. Akhirnya saya bisa menggunakan Wifone untuk telpon yg murah meriah, dengan antenna yg murah juga ... nggak sampe 5000 (uang jajan saya sehari lho ...). Selamat mencoba dan semoga bisa berhasil





.











1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalau pesawata telephone nya dari Ceria ... sama saja kali ya ..

Al Kahfi