Kamis, April 10, 2008

Setting USB WiFi menjadi Akses Point


Berdasarkan percobaan yang kami (saya dan papa) lakukan, ternyata USB Wifi yg biasanya digunakan sebagai alat untuk klien WiFi hotspot bisa juga di set menjadi Akses Point atau sebagai Pemancar Server hotspot.

Kami melakukan uji coba untuk merek Edimax (karena kebetulan punya-nya Edimax). Caranya, pada saat setting, pilih option "SoftAP". Setelah masuk softAP, setting detailnya sama saja dengan AP biasa (yg hardware). Nama SSID, channel yg digunakan, sekurity, sampai pembatasan MAC Address semuanya bisa digunakan disini.

Bedanya hanya satu, kalau AP hardware bisa berdiri sendiri - tanpa komputer, kalau SoftAP maka USB Wifi nya harus koneksi ke komputer dan komputernya nggak boleh mati (SoftAP nya harus selalu running). Karena USB Wifi ini nyambungnya ke colokan USB, maka koneksi internetnya (modem nya) juga harus melalui komputer dan komputer ini yang meneruskan koneksi melalui USB Wifi yg di set menjadi AP ini.

Kalau sudah running, user atau klien tidak akan melihat perbedaan antara SoftAP yang menggunakan USB Wifi dengan AP yg hardware, kecuali kalau kliennya ngintip dirumah yg punya server.

Kelemahan dari cara ini adalah komputer harus hidup terus sebagai server, sedangkan dalam AP hardware - komputer tidak perlukan kecuali saat setting. Tapi ternyata Soft AP juga punya kelebihan lho .... yaitu kita bisa jalankan berbagai macam program di komputer seperti antivirus server, wingate, winrouter, atau program2x untuk membatasi bandwith atau penggunaan, termasuk setting waktu kapan boleh koneksi, koneksi kemana saja, kapan ada port2x yg dibuka dan ditutup (tapi saya belum pernah coba ...ha.. ha.. ).

Selamat mencoba kalau berminat, sekarang saya sedang akan mencoba Akses Point dijadikan ad hoc atau infrastruktur klien ... sepertinya bisa juga, tapi tunggu akses pointnya dateng dulu ...

16 komentar:

Anonim mengatakan...

Ichsan, SoftAP itu jalan hanya di USB Wifi yg chipset nya RaLink atau yg kompatible. Kelebihannya, bisa sampai channel 13 - sementara beberapa AP hanya 11. Untuk MAC Address bahkan bisa pilih List Accept atau List Reject. Sesudah installpun bisa switch antara Station Mode atau Access Point Mode

Rufman

jemmykosasih mengatakan...

ilmu yang bermanfaat menjadi amal jariyah bekal dunia dan akhirat.thanks infonya

Anonim mengatakan...

Kalau gue pakai ProLink WG2000, sayangnya driver hanya jalan di Windows XP, waktu mau download yang driver Windows Vista disuruh bayar... walah.

Ada yg punya? kirim dong ke budi_sewon@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Pake USB Wifi TPLINK WN321G 54Mbps juga bisa saya dah coba. Ada yang mau pesan?Harga Rp.160.000 (barang baru garansi 3bulan)+ongkos kirim 20rb(jawa,kalimantan,sumatra)daerah lain menyesuaikan.Call.08127569075

Anonim mengatakan...

Pake USB Wifi TPLINK WN321G 54Mbps
gimna caranya, kmrn aku baru beli kok nggak ada SoftAP-nya. caranya gimna sih, kasih tau donk?

ferry koto mengatakan...

Untuk TP-Link yang sudah menyediakan fungsi AP adalah type yang TL-WN322G bukan yang 321G.

Kalau hanya untuk sekedar share akses internet semua USB Wifi bisa melakukannya di Windows XP dengan perintah sahre akses terhadap LAN atau device yang memiliki akses. dan diarahkankan akses share nya ke USB Wifi.... bingung bahasanya?... kontak saja untuk prakteknya.... ;))

ferry
www.sadonyo.com

Habib Nofel mengatakan...

Mas dan Kawan2 sekalian, saya mau jual USB TPLINK TL-WN322G saya, baru saya beli kemarin..saya beli cm ingin tau ada tidaknya sinyal drmh saya, tp ternyata tdk ada.. jadi saya mau jual lagi Rp.180rb ..klo ada yg minat silahkan hubungi saya
khomenx, nohp:02192187626 dan 081386513960
Lokasi saya di jakarta. thanx.

Anonim mengatakan...

USB Wifi TPLINK WN321G juga bisa jadi Access-Point, tp pake driver dan aplikasi terbaru dari www.ralinktech.com, jgn pake yang bawaan.
Driver Apps Download link:
http://www.ralinktech.com.tw/data/drivers/IS_AP_STA_7x_D-1.3.2.0_VA-3.1.5.0_RU-2.1.9.0_VA-2.2.4.0_AU-2.0.9.0_VA-2.0.9.0_111108_1.0.6.0_Free.exe

Anonim mengatakan...

Wah, saya tertarik banget nih
sama penjelasan di sini, meskipun ga dong-dong. Mas, saya rada gaptek soal wifi. Saya baru beli wajanbolik pake tplink wn322g. Saya masih bingung, care pakenya, apa yang harus disetting, selain install software utk usbwifi tplink (sudah diinstall). Terus koneksinya sebenernya gimana, maksud saya, pertama-tama itu harus ngapain? Kan muncul dua icon, yang tplink (untuk pilih AP atau station gitu) sama yang network dari Windows. Please tolong, kurang mudeng saya. Please dihelp like a baby. Makasssih buaayank!!!

Anonim mengatakan...

Wah, saya tertarik banget nih
sama penjelasan di sini, meskipun ga dong-dong. Mas, saya rada gaptek soal wifi. Saya baru beli wajanbolik pake tplink wn322g. Saya masih bingung, care pakenya, apa yang harus disetting,
selain install software utk usbwifi tplink (sudah diinstall). Terus koneksinya sebenernya gimana, pertama-tama ngapain? Kan muncul dua icon, yang tplink(untuk pilih AP atau station-- gitu) sama yang koneksi dari
Windows. Please tolong,
kurang mudeng saya. Please
dihelp like a baby. Makasssih
buaayank!!!

borsalino mengatakan...

saya mengakses internet menggunakan acer asphire 5570 via speedy office. pertanyaan saya, bisakah wireless di asphire tersebut dijadikan AP sehingga laptop lain bisa mengaksesnya ?

terima kasih.

Anonim mengatakan...

kalo globetrotter w pasang menjadi akses point supaya ipod touch bisa connect juga gimana y caranya?

rifat mengatakan...

@borsalino : bisa mas, posisikan wifi anda dg seting sbg adhoc,trus share deh internet connectionnya.

el rian mengatakan...

http://www.ralinktech.com.tw/data/drivers/IS_AP_STA_7x_D-1.3.2.0_VA-3.1.5.0_RU-2.1.9.0_VA-2.2.4.0_AU-2.0.9.0_VA-2.0.9.0_111108_1.0.6.0_Free.exe

linknya gak bisa diakses tuh.

Unknown mengatakan...

MAS,GIMANA SAYA MASIH BELUM BISA MENSETTING USB PROLINK WG2000 SAYA SEBAGAI AP CARANYA GIMANA MAS APA YANG PERLU SAYA SETTING LAGI? BINGGUNG NECH..? TLONG MAS BANTU SAYA?

Anonim mengatakan...

klw yang 150 mbps bisa g bos
n gimana caranya