Rabu, April 09, 2008

Membuat Repeater untuk WiFi

Bulan Maret yang lalu libur sekolah cukup banyak. Aku diijinkan Papa untuk ikut membantu papaku bereksperimen dengan router atau repeater untuk pemancar Wifi. Papa membawa beberapa peralata seperti Akses poin dan USB Wifi, mereknya Linksys dan Belden. Kami juga menyiapkan kabel jaringan UTP (disambung-sambung karena pendek ... tapi nyambungnya gampang kok) dan beberapa kabel USB , ada yg aktif ektender dan ada juga yg biasa. Masing-masing sepanjang 5 meter. Semuanya banrolnya USB 2.0. Karena yang 1.0 tidak bisa dipakai (padahal ada 2 lho yg 1.0).



Berikut ini gambar2x nya




1. Ini menggunakan Akses poin 2 dan Switch 1. Nggak perlu pake komputer, kecuali pas setting saja.


















2. Ini menggunakan 1 USB Wifi, komputer, dan 1 AP. Komputer yg jadi router/proxy nya.

















3. Ini mengguakan 2 USB Wifi dan 1 komputer. Salah satu USB di set jadi AP (lain kali saya jelaskan cara settingnya)


















Sebetulnya masih ada 1 lagi yang mau dicoba, yaitu AP langsung ke AP, tanpa embel2x. Tapi karena keburu sore dan adik saya sudah bangun sehingga tidak bisa dilanjutkan.


Lain kali saya tambahkan langkah-langkah settingnya ya ... (tunggu diterjemahin sama papa saya ..he...he....)

10 komentar:

danny mengatakan...

hollah.. look interesting

Anonim mengatakan...

nice posting

om jimmy

jemmykosasih mengatakan...

dek ichsan, apa bisa 1 usb wifi fungsinya 2. maksudnya sebagai pemancar dan sebagai penangkap sinyal wifi?

Ichsan blogger & hacker mengatakan...

Satu USB WiFi memang bisa menjadi Pemancar (Access Point) dan juga bisa menjadi Penerima (ad hoc), tapi tidak pada saat bersamaam - setau saya begitu lho. Dari program2x yang pernah saya lihat, belum ketemu yang bisa setting keduanya pada waktu bersamaan. Tapi kalau Access Point, ada yang bisa jadi penerima sekaligus pemancar (kalau tidak salah menjadi - Bridge, jembatan gantung ..ha..ha..). Fungsinya untuk memperluas area hot spot, katanya sich ...

Anonim mengatakan...

tolong jelasin dong gimana set ap to ap biar bisa jadi repeater penting nih gue tunggu yah ato bisa kirim ke email aq globalnet86@gmail.com makasih

ANW29701 mengatakan...

kalo radio AP di set Bridge bisa gak sebagai repeter juga trus cara koneksinya ke AP induk gimana karena Ap induk Pake mode WPA.
makasih sebelomnya salut tuk dek ichsan. kasi tambahan pengetahuan nich om ya.karena selama ini ngetes seting belom berhasil juga. kalo boleh japri aja.
maklumlah baru coba2 kalo yg laen bisa bantu juga ok

iwan sulistiawan mengatakan...

Mau tanya nich.... saya ada dua buah access point yg satu Senao ECB-3220 satu lg Senao EOC-2610. saya mw tanya apa munkin salah satau AP tersebut bisa di jadikan Repeater??jika y yang mana??kl gag salah dua2nya sudah support WDS. yg jadi mslh satau lg AP utama IP nya DHCP. ap bisa saya gunakan repeater supaya signalnya bsa bagus di tempat saya??saolnya skrng ituch ada gedung sama pohon yg ngalangin jadi saya gunakan repeater. jaraknya cuma 500 meter. jika ingin lihat detailnya silahakna klik link ini....
http://i377.photobucket.com/albums/oo216/isulistiawan/projekomniunpad.jpg

Mohon petunjuknya y...saya newbie di masalah ginian

ipoel mengatakan...

halooo

gimana cara setting dan cara
membuat cabang dengan usb wifi-komputer-usb wifi
di tunggu ya

terimah kasih

kopi luwak lampung mengatakan...

maksih ...makasih...makasih.... gw lg butuh ... thanks banyak..........

Unknown mengatakan...

Tolong gambarnya dong biar lebih afdol, kalo saya terus terang gak nyambung... mudah-mdahan dengan gambar ya jadi samar-samar nangkap om...heheh malumin aja yah...